Berita

dr Susanti Ajak Siswa-siswi SMAN 5 jadi Pahlawan dalam Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran


Berita Terbaru 04/09/2024

Siswa-siswi SMA secara usia sudah mulai beranjak dewasa dan sudah seharusnya mulai bertanggung jawab, baik kepada keluarga, lingkungan, maupun masyarakat. Salah satunya, bisa ikut serta menjadi pahlawan di saat terjadinya kebakaran karena sudah memahami ilmu dan pengetahuan terkait pencegahan dan penanggulangan kebakaran.

Demikian disampaikan Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA dalam arahan dan bimbingannya sebelum membuka kegiatan Sosialisasi dan Edukasi Pemadam Kebakaran di SMA Negeri 5 Kota Pematangsiantar, Jalan Medan Km 6,8 Kelurahan Tanjung Tongah Kecamatan Siantar Martoba, Rabu (04/09/2024).

Kehadiran dr Susanti disambut Tarian Simalungun yang dibawakan pelajar SMAN  5. Turut dalam penyambutan tersebut, Kepala Sekolah SMAN 5 Rahmat Nasution MPd bersama keluarga besar SMAN 5. 

Di awal sambutannya, dr Susanti  berinteraksi dengan sejumlah pelajar seputar kebakaran. Menurut dr Susanti, Sosialisasi dan Edukasi Pemadam Kebakaran di SMAN 5 dilaksanakan agar para pelajar mengetahui cara memadamkan api di saat terjadi kebakaran. Sehingga dengan ilmu yang telah diberikan, akan diketahui langkah-langkah yang harus dilakukan jika terjadi kebakaran.

Menurut dr Susanti, usia siswa-siswi tingkat SMA sudah mulai beranjak dewasa dan seharusnya sudah mulai bertanggung jawab, baik kepada keluarga, lingkungan, maupun  masyarakat.

"Saya berharap kepada anak-anak saya untuk benar-benar mengikuti dan menyimak kegiatan ini dengan baik, karena ilmu yang diberikan sangat berguna bagi kita ke depannya," sebut dr Susanti. 

dr Susanti menambahkan, akhir-akhir ini di Kota Pematangsiantar sering terjadi kebakaran. Sebab semakin lama jumlah penduduk semakin banyak. Sedangkan lokasi pemukiman tidak bertambah. Untuk itu, perlu kehati-hatian terkait instalasi listrik dan pemasangan kompor gas.

"Ibu juga berharap kepada anak-anakku, agar menjadi pahlawan-pahlawan di dalam penanggulangan kebakaran. Baik di keluarga, di lingkungan, maupun masyarakat," tukas dr Susanti.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmat) Kota Pematangsiantar Drs Robert Samosir diwakili Kepala Bidang Pemadaman dan Penyelamatan Parlaungan Purba SPd MSi menjelaskan, pencegahan dan penanggulangan kebakaran bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi merupakan tanggung jawab bersama masyarakat dan pemerintah.

"Karena itu, kita mengajak masyarakat berperan serta dengan cara pemerintah memberikan sosialisasi dan edukasi tentang pemadam kebakaran, dengan harapan seluruh masyarakat mampu melakukan pencegahan dini ketika ada potensi kebakaran di wilayah kita masing-masing," jelasnya. 

Turut hadir, Camat Siantar Martoba Rilan Pohan SSTP MSi beserta para lurah. (*)

Berita Terpopuler

img

...