Berita

dr Susanti Hadiri Pembukaan Paripurna I Tahun 2024 dan Penyampaian Nota Pengantar LKPj TA 2023


Berita Terbaru 08/04/2024

Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA menghadiri acara Pembukaan Rapat Paripurna I Tahun 2024, dan menyampaikan Nota Pengantar Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Tahun Anggaran (TA). Rapat Paripurna tersebut dilaksanakan di Gedung Harungguan DPRD Kota Pematangsiantar, Sabtu (06/04/2024) sore.

Dalam sambutannya, dr Susanti menyampaikan LKPj merupakan salah satu instrumen untuk mewujudkan prinsip-prinsip tata kelola pemerintahan yang baik untuk peningkatan efisiensi, efektivitas, produktivitas, dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Dijelaskan dr Susanti, Pemerintah Kota (Pemko) dan DPRD Pematangsiantar merupakan mitra yang diharapkan dapat saling melengkapi dalam mewujudkan harapan-harapan masyarakat.

Rekomendasi yang akan ditetapkan nantinya merupakan hasil evaluasi yang akan ditindaklanjuti oleh OPD-OPD untuk mewujudkan visi Kota Pematangsiantar yaitu: “Terwujudnya Kota Pematangsiantar Sehat, Sejahtera, dan berkualitas”.

Di mana, untuk mewujudkan visi tersebut telah dirumuskan misi yakni Menguatkan kehidupan masyarakat yang sehat, sejahtera, humanis, agamais dan beradab dengan menghargai local wisdom dan keheterogenan yang berkualitas; Menguatkan dan memulihkan perekonomian regional, penyehatan iklim usaha perdagangan dan jasa, UMKM, dan koperasi yang mandiri, kokoh dan berkeadilan yang terdampak masa pandemi dan atau pasca pandemi Covid-19; Meningkatkan tata kelola pemerintahan yang efektif, efisien, bersih, responsif melayani berdasarkan prinsip good governance dan coorporate governance; Menguatkan sentralitas dan daya tarik kota, guna pencapaian Siantar sebagai sub pusat perdagangan dan jasa regional di Provinsi Sumatera Utara; serta Mewujudkan kota berkualitas melalui penataan ruang, pengembangan infrastruktur, keindahan dan kebersihan lingkungan kota secara berkelanjutan.