Berita

dr Susanti Hadiri Rakorwasnas Penyelenggaraan Pengawasan Pemerintah Daerah Bersama Kemendagri


Berita Terbaru 10/10/2023

Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA menghadiri Rapat Koordinasi Pengawasan Nasional (Rakorwasnas) Penyelenggaraan Pengawasan Pemerintah Daerah dan Pemutakhiran Tindak Lanjut Hasil Pengawasan Tahun 2023 bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian yang diwakili Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemendagri Tomsi Tohir, para gubernur dan Pj gubernur, bupati/wali kota, dan perwakilan Inspektorat kabupaten/kota se-Indonesia. Kegiatan tersebut digelar di Hotel Santika Premiere Dyandra, Jalan Kapten Maulana Lubis Nomor 7 Medan, Senin (09/10/2023) malam.

Acara ditandai dengan pemukulan Gondang Sembilan oleh perwakilan Kemendagri Tomsi Tohir, perwakilan Pj Gubernur Sumut Arief S Trinugroho, para gubernur, wakil gubernur, serta Pj gubernur se-Indonesia.

Rakornas Penyelenggaraan Pengawasan Pemerintah Daerah dan Pemutakhiran Tindak Lanjut Hasil Pengawasan Tahun 2023 digelar 09-10 Oktober 2023 dengan tuan rumah Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) dirangkai Roadshow Bus Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 25-29 Oktober 2023 di Kota Medan.?

Pemprov Sumut dipercaya menjadi tuan rumah Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengawasan Intern Pemerintah (PIP). Rapat ini dihadiri 38 perwakilan provinsi dan 514 perwakilan inspektorat kabupaten/kota se-Indonesia. Rakorwasnas kali ini dengan tema, Arah Kebijakan Pengawasan Tahun 2024.

Pemprov Sumut dipercaya menjadi tuan rumah PIP, karena Sumut dianggap berhasil secara signifikan meningkatkan pencegahan korupsi dan layanan publik.

Untuk pencegahan korupsi di tahun 2022, Sumut berada di peringkat keempat, sedangkan untuk layanan publik secara nasional berada di posisi lima besar.

Kegiatan Rakowarnas dimulai dengan penampilan video singkat profil Provinsi Sumut dan tarian multietnis