Berita

dr Susanti Ingatkan Siswa SMA SMK Sederajat Jaga Bumi untuk Cegah Bencana 


Berita Terbaru 05/09/2024

Bumi ini sudah tua. Sehingga sudah rawan terjadi berencana, termasuk di Kota Pematangsiantar. Kepada generasi muda, dalam hal ini siswa SMA/SMK/Sederajat diingatkan untuk menjaga bumi dan mencegah terjadinya bencana.

Hal itu disampaikan Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA di acara Sosialisasi Komunikasi, Informasi dan Edukasi Kebencanaan Siswa/i Sederajat di
SMA Swasta HKBP 1, Jalan Gereja Kelurahan Kristen Kecamatan Sian?ar Selatan, Kamis (05/09/2024) pagi. Sosialisasi ini dimotori Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) 

Di awal sambutannya, dr Susanti memuji suasana SMA Swasta HKBP 1 yang asri dengan halaman yang sangat luas.

"Tempatnya strategis dan akses jalan mudah. Terima kasih kepada pihak sekolah yang telah bersedia menyediakan tempat bagi anak-anak untuk mengikuti sosialisasi ini," kata dr Susanti.

Menurut dr Susanti, bencana yang mungkin terjadi di Kota Pematangsiantar seperti 
banjir, longsor, kebakaran, dan angin puting beliung. Untuk mencegah terjadinya bencana, seluruh pihak harus berperan, termasuk generasi muda. 

"Generasi muda harus menjaga dan merawat bumi dengan baik. Caranya, dengan menjaga lingkungan. Salah satunya jangan membuang sampah sembarangan," terangnya.

Dikatakan dr Susanti, saat ini masih banyak warga yang membuang sampah sembarangan. Bahkan Harus kita tekankan dari diri sendiri, malu jika tidak disiplin buang sampah.

Saat ini masih banyak yg buang sampah sembarangan. Bahkan sering terlihat ada warga membuang sampah dari jendela mobil penumpang (mopen).

"Jadi mulai sekarang harus kita tekankan dari diri sendiri, bahwa kita malu jika tidak disiplin membuang sampah. Budayakan malu membuang sampah sembarangan," pesan dr Susanti.

Tak lupa, dr Susanti mengingatkan Kota Pematangsiantar menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut, untuk venue tinju dan lintasan balap sepeda putra/putri.

Hal lainnya yang dikatakan dr Susanti, pintu Tol Sinaksak (Pematangsiantar) sebentar lagi diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Diharapkan dengan diresmikannya pintu tol tersebut, Kota Pematangsiantar semakin ramai. Apalagi, kuliner di Kota Pematangsiantar sangat luar biasa, ditambah wisata heritage, budaya, dan lainnya.

Kepala SMA Swasta HKBP 1 Pematangsian?ar Janri Lauren Nainggolan mengaku senang dan bangga sekolah yang dipimpinnya menjadi tempat sosialisasi. 

"Semoga sosialisasi berjalan bagus dan menjadi bekal bagi anak-anak di dalam kehidupan sehari-hari," sebutnya.

Sosialisasi tersebut dihadiri siswa-siswi dari sekolah-sekolah yang berada di Kecamatan Siantar Selatan, yaitu SMA Swasta HKBP 1, SMK Mutiara, SMK YP HKBP 1, SMK Pariwisata HKBP, SMK GKPI 1, 2, dan 3, SMA Masehi Advent Hari Ketujuh (MAHK), serta SMA Parbina Nusantara.

Turut hadir, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Dra Happy Oikumenis Daely, Kepala Pelaksana BPBD Agustina Sihombing, Camat Sian?ar Selatan Henri Gunawan Purba, dan Lurah Kristen Jalitus Januarius. (*)

Berita Terpopuler

img

...