Berita

dr Susanti Serahkan KTP Elektronik bagi Siswa-siswi Usia Pemula di SMAN 4


Berita Terbaru 18/09/2024

Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA menyerahkan secara simbolis Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik kepada siswa-siswi usia pemula di SMA Negeri 4, Jalan Pattimura Kelurahan Merdeka Kecamatan Sian?ar Timur, Rabu (18/09/2024). Ada 719 keping KTP Elektronik yang dibagikan kepada siswa-siswi SMA/SMK di Kota Pematangsiantar.

dr Susanti dalam sambutannya mengatakan, masa SMA adalah masa paling indah, hanya ada dua yang dirasakan, yaitu senang dan sangat senang. Oleh karena itu, ia meminta kepada siswa-siswi agar memanfaatkan masa-masa indah dan senang untuk mengukir masa depan.

Masa kata dr Susanti, di masa SMA, anak-anak mengalami sweet seventeen atau usia 17 tahun. Usia 17 tahun, kata dr Susanti, artinya anak-anak sudah beranjak dewasa, sudah mulai bertanggung jawab, dan mampu membedakan yang baik dan tidak baik.

Di usia 17 tahun juga, lanjut dr Susanti, sudah harus memiliki identitas diri berupa Kartu Tanpa Penduduk (KTP), yang sekarang disebut KTP Elektronik. Selain sebagai identitas diri, KTP bisa digunakan untuk urusan administrasi, seperti mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM), urusan perbankan, dan juga mengikuti Pemilu atau Pilkada. 

Untuk mendapatkan KTP, kata dr Susanti, bisa mendaftar di Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). Namun saat ini, Disdukcapil pro aktif, dengan menjemput bola ke sekolah-sekolah agar siswa-siswi yang berusia 17 tahun bisa langsung direkam untuk pengurusan KTP Elektronik. 

"Sekarang ini, petugas Disdukcapil datang ke sekolah-sekolah. Hari ini ada 719 KTP Elektronik yang dibagikan ke siswa-siswi SMA/SMK yang ada di Kota Pematangsiantar," kata dr Susanti.

Terkait Pilkada Serentak 27 November 2024 mendatang, lanjut dr Susanti, siswa-siswi yang belum terdata di Daftar Pemilih Tetap (DPT), bisa menggunakan KTP Elektronik untuk menggunakan hak pilih.

"Cukup tunjukkan KTP Elektronik, dan bisa gunakan hak pilih di TPS. Kemudian, coblos calon pimpinan yang menurut kalian cocok dan tepat untuk memimpin Kota Pematangsiantar," sebut dr Susanti, seraya mengucapkan terima kasih kepada Disdukcapil.

"Kepada anak-anakku sekalian, selamat 
menggunakan KTP untuk hal-hal baik, dan selamat gunakan hak pilih di Pilkada Serentak. Semoga cita-cita anak-anakku sekalian dapat terwujud. Kalian lah, 20-25 tahun lagi yang akan memimpin Kota Pematangsiantar," sambung dr Susanti. 

Sebelumnya, Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Pematangsiantar Lintong Sirait SAg, mewakili para kepala sekolah mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar yang telah proaktif mendata siswa-siswi untuk mendapatkan KTP Elektronik. 

"Pendataan diri itu penting. Satu data secara online," tukas Lintong.

Dalam kesempatan tersebut, Lintong mendoakan dr Susanti tetap sehat sehingga bisa tetap menjalankan pemerintahan dengan baik.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis KTP Elektronik kepada siswa-siswi. 

Suasana meriah karena dr Susanti mengajak siswa-siswi berinteraksi dengan melontarkan pertanyaan. Suasana semakin meriah, karena ada dua siswa-siswi SMAN 4 yang berulang tahun ke-17, yaitu Tri Rahmad Syahputra dan Maurel br Girsang. Keduanya mendapatkan surprise kue ulang tahun dan lagu Selamat Ulang Tahun.

Usai acara, Kepala Disdukcapil Sri Ulinasari Girsang SM mengatakan, pengurusan KTP Elektronik gratis, baik yang dijemput bola maupun yang datang langsung ke Kantor Disdukcapil.  

"Kami setiap hari ke lapangan menjemput bola untuk menyelesaikan KTP Elektronik bagi pemula. Masih ada lagi yang akan disalurkan, dan ini berkesinambungan," sebut Sri Ulinasari.

Turut hadir, jajaran Disdukcapil Kota Pematangsiantar, Camat Sian?ar Timur Masa Rahmat Zebua, dan para lurah. (*)

Berita Terpopuler

img

...