Berita

Milad ke-107 Aisyiyah: dr Susanti Dukung Klinik Aisyiyah Pematangsiantar jadi RS Aisyiyah 


Berita Terbaru 21/07/2024

Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA mendukung dan merasa bertanggung jawab mewujudkan Klinik Aisyiyah Kota Pematangsiantar menjadi Rumah Sakit (RS) Aisyiyah. Apalagi, ia merupakan Penasehat Aisyiyah Kota Pematangsiantar.

Hal itu disampaikan dr Susanti dalam arahan dan bimbingannya di acara Milad ke-106 Aisyiyah yang digelar Pimpinan Daerah (PD) Aisyiyah Kota Pematangsiantar, di Gedung Serbaguna Pemko Pematangsiantar, Minggu (21/07/2024) pagi.

Di acara dengan tema: Memperkokoh dan Memperluas Dakwah Kemanusiaan Semesta itu, dr Susanti mengatakan ketika PD Aisyiyah Kota Pematangsiantar menggelar kegiatan, pasti dirangkai kegiatan sosial.

"Contohnya hari ini, dirangkai pemberian tali asih untuk saudara kita yang memang membutuhkan. Alhamdulillah, kurang lebih ada 150 paket yang dibagikan dalam acara ini," terang dr Susanti. 

Dalam kesempatan tersebut, dr Susanti menerangkan, di tahun 2022 dan 2023 Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar telah menganggarkan hibah kepada guru Magrib Mengaji dan bilal mayit masing-masing 100 orang. Untuk tahun 2024, sambungnya, juga dianggarkan dana untuk guru Magrib Mengaji dan bilal mayit, termasuk bagi anggota Aisyiyah.

"Kami mengajak Aisyiyah, Nasyiatul Aisyiyah, m dan Wanita Islam untuk berkolaborasi dan  terus mengembangkan, membina, dan memberi semangat kepada para guru Magrib Mengaji dan bilal mayit agar mereka terus bergerak," kata dr Susanti.

dr Susanti juga menyinggung program Smart City Pemko Pematangsiantar. Saat ini, lanjutnya, Kota Pematangsiantar telah menyediakan 30 titik Wifi gratis. Salah satunya di Masjid Muhammadiyah, Jalan Merdeka.

"Wifi gratis ini ada juga di beberapa rumah ibadah dan panti asuhan di Kota Pematangsiantar. Adanya Wifi gratis ini untuk mendorong pendidikan anak-anak di zaman digitalisasi," ujar dr Susanti.

Selaku Penasehat PD Aisyiyah Kota Pematangsian?ar, dr Susanti juga merasa bertanggung jawab untuk mewujudkan cita-cita Klinik Aisyiyah Pematangsiantar untuk menjadi RS Aisyiyah.

"Ada beberapa yang kita persiapkan untuk Klinik Aisyiyah. Alhamdulillah sudah selesai dan sedang proses untuk dijadikan Rumah Sakit Aisyiyah Kota Pematangsiantar. Insya Allah di Muktamar Muhammadiyah Tahun 2027 sudah terwujud," sebut dr Susanti.

dr Susanti berharap PD Aisyiyah Kota Pematangsiantar bisa melanjutkan perjuangan untuk membesarkan umat.

"Kita mempunyai peranan tinggi dan strategis untuk bersama-sama membangun Kota Pematangsiantar menuju Pematangsiantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas," tukasnya.

Sementara Ketua PD Aisyiyah Kota Pematangsiantar Hanifah Harahap SPd mengatakan Milad Aisyiyah ke-107 merupakan momentum penting untuk menguatkan komitmen Aisyiyah dalam bantuan kemanusiaan universal. Tema "Memperkokoh dan Memperluas Dakwah Kemanusiaan Semesta", dimaknai sebagai dakwah yang melintas batas agama, bangsa, dan negara.

"Melalui tema ini Aisyiyah mengingatkan kita kembali bahwa perempuan berkemajuan dalam progresif Islam didorong untuk menjalankan peran keagamaan yang menyebarkan nilai-nilai kemanusiaan semesta Rahmatan Lil 'alamin," katanya.

Dalam rangka menyemarakan Milad Aisyiyah ke-107, katanya, PD Aisyiyah Kota Pematangsiantar menyelenggarakan berbagai kegiatan, antara lain gerakan nasional budaya bersih dan sehat seperti kerja bakti di lingkungan amal usaha Muhammadiyah dan Aisyiyah, maupun di rumah masyarakat dan ranting-ranting Aisyiyah.

Selain itu, mengadakan lomba paduan suara Mars Aisyiyah antar ranting se-Kota Pematangsiantar. Juga lomba Fardu Kifayah dan lomba senam bahagia.

"Saya berharap kepada peserta lomba janganlah pandang hadiahnya menjadi tujuan utama. Tapi pandanglah silaturahmi dan semangat ber-Aisyiyah yang semata-mata karena Allah SWT," tandasnya.

Pihaknya juga melakukan Gerakan Dakwah Al Maun melalui infaq dan sedekah untuk dakwah kemanusiaan dalam bentuk pemberian sembako kepada warga dan simpatisan Aisyiyah yang layak menerima.

Tampak hadir, Ketua Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sumatera Utara (Sumut) Dr Nur Rahma Amini, Ketua PD Muhammadiyah Pematangsiantar Ir H Sailan Nasution MM, Direktur Klinik Aisyiyah Pematangsiantar Dra Hj Marintan Lubis MA, Ketua Panitia Nurilam Purba SPdI, Ketua PD Pemuda Muhammadiyah Pematangsiantar Aris SH MH, Ketua Nasyiatul Aisyiyah Pematangsiantar Siti Arfah Nasution SPd, Ketua PD Wanita Islam Kota Pematangsiantar Dra Hj Rayani Purba, dan para Pimpinan Ranting Aisyiyah se-Kota Pematangsiantar. (*)

Berita Terpopuler

img

...