Berita

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila: Pjs Wali Kota Pematangsiantar Ajak Sukseskan Pilkada Damai


Berita Terbaru 01/10/2024

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2024 selain untuk merefleksikan kembali penghayatan nilai-nilai Pancasila, juga menjadi momentum menyukseskan Pilkada Damai, khususnya di Kota Pematangsiantar. Hal itu disampaikan Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Pematangsiantar Drs Matheos Tan MM, usai menjadi inspektur upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2024, di Lapangan Adam Malik, Selasa (01/10/2024) pagi. 

"Peringatan Hari Kesaktian Pancasila menjadi momentum untuk merefleksikan kembali penghayatan nilai-nilai Pancasila, khususnya bagi seluruh masyarakat Kota Pematangsiantar," kata Matheos. 

Menurutnya, peringatan Hari Kesaktian Pancasila bukan hanya soal memutar kembali ingatan tentang sejarah bangsa Indonesia. Namun juga membedah nilai-nilai luhur Pancasila dan mengamalkannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Sejarah tentu tidak boleh dilupakan, namun tidak kalah penting adalah menghayati nilai-nilai Pancasila sebagai pedoman hidup masyarakat dalam berbangsa dan bernegara,” sebutnya.

Matheos juga mengingatkan generasi muda untuk terus mengisi kemerdekaan dengan mengasah diri dengan kreativitas dan menambah wawasan hingga bisa turut andil dalam pembangunan nasional. Tak lupa, Matheos mengimbau generasi muda untuk terus memupuk nasionalisme dan cinta tanah air. Sebab generasi muda akan menjadi penerus bangsa di masa mendatang.

Dalam kesempatan tersebut, Matheos mengajak seluruh masyarakat untuk mensukseskan Pilkada Serentak Tahun 2024. Matheos mengimbau untuk Menciptakan suasana Pemilu aman dan damai; Stop penyebaran hoax dan ujaran kebencian; Stop money politics; hindari black campaign dan negative campaign; serta hindari provokasi yang memecah belah dan mengadu domba.

"Sehingga Pilkada di Kota Pematangsiantar bisa berlangsung aman, damai, dan sukses," sebut Matheos. 

Sebelumnya, Matheos menjadi inspektur upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Kota Pematangsiantar. Sedangkan pemimpin upacara Marlon Brando Sitorus SSTP MSi (Camat Siantar Utara). Upacara diikuti barisan ASN Pemko Pematangsiantar, Paskibraka, Pramuka, dan pelajar. 

Peringatan Hari Peringatan Hari Pancasila dengan tema "Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas".

Di upacara tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pematangsiantar membacakan Ikrar. Inti dari ikrar tersebut yakni, dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. (*)

Berita Terpopuler

img

...